Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjadi Tiktok Affiliate Untuk Pemula

Cara Menjadi Tiktok Affiliate Untuk Pemula

Perkembangan era digital seperti sekarang ini membuat generasi muda semakin mudah dalam menghasilkan uang, salah satunya melalui platform tiktok. Media social satu ini semakin di gemari oleh semua kalangan, selain bermanfaat menuangkan ide ide dalam pembuatan video, tiktok juga menyediakan tiktok shop, dimana memudahkan penggunanya untuk membeli barang-barang keperluan secara online. Namun tidak hanya itu tiktok juga menyedia fitur Tiktok Affiliate, program ini mengajak penggunanya yang sudah memiliki pengikut yang cukup untuk ikut memasarkan barang dagangan rekannya. Mari bahas apa itu TikTok affiliate marketing dan bagaimana cara menjadi tiktok affiliate untuk pemula ;


image cara menjadi tiktok affiliate


Apa Itu TikTok Affiliate Marketing?

Seperti yang kita ketahui tiktok merupakan salah satu platform media social yang akhir-akhir ini penggunanya semakin meningkat di seluruh dunia. Dalam platform tiktok penggunanya bisa menuangkan ide-ide kreatifnya dalam pembuatan video maupun foto. Dan salah satu fitur tiktok yang semakin banyak peminatnya adalah tiktok affiliate, apa itu tiktok affiliate, fitur ini adalah pengguna yang sudah mendaftar dan sudah di terima akan menjalin kerja sama dengan perusahaan atau merek untuk mempromosikan produk mereka melalui video, jika salah satu pengikut membeli produk lewat video yang anda publikasikan maka anda akan mendapatkan komisi sekitar 5 hingga 10% dari harga satu produk.

Cara Daftar TikTok Affiliate untuk Kreator

Ada beberapa syarat yang harus anda penuhi agar pengajuan anda di terima sebagai tiktok affiliate, dan ikuti langkah-langkah pendaftaran, jika semua syarat dan langkah-langkah sudah anda lewati secara tepat maka akun tiktok anda akan secara resmi menjadi member tiktok affiliate dan siap untuk mempromosikan produk-produk tertentu.

  1. Langka pertama Masuk ke halaman seller-id.tiktok.com/account/welcome lewat browser
  2. Daftar atau login menggunakan akun kreator TikTok Anda
  3. Perhatikan dan setujui semua syarat dan ketentuannya terkait TikTok Shop
  4. Untuk menyetujuinya Klik tombol “Authorized”
  5. Pastikan anda melengkapi semua data diri yang diperlukan seperti alamat email, nomor telepon, alamat, dll
  6. Untuk mengakhiri sesi ini centang pernyataan terakhir di halaman informasi dasar tersebut.
  7. Selanjutnya verifikasi KTP pastikan anda mengambil gambar ktp di tempat yang terang agar gambar ktp tidak buram dan lakukan selfie dengan KTP, selanjutnya lengkapi data yang diminta
  8. Tekan tombol simpan selanjutnya tinggal menuggu email dari TikTok sebagai bukti registrasi
  9. Jika data diri anda sudah diterima atau sudah registrasi, pilih menu pada pengaturan dan privasi.
  10. Pilih menu TikTok Shop
  11. Silahkan pilih produk yang akan dijadikan sebagai produk afiliasi
  12. Pilih produk dari link dari TikTok Shop
  13. Anda bisa melihat langsung komisi yang akan anda dapatkan dari produk yang akan anda pasarkan

Apa bedanya TikTok Shop dan TikTok Affiliate

Selain Tiktok Affiliate juga tersedia fitur Tiktok Shop apa perbedaannya, kedua fitur ini memiliki tujuan yang sama yaitu menjual suatu produk, akan tetapi Tiktok Shop berperan sebagai penyedia produk selanjutnya peran tiktok affiliate hanya mempromosikan produk yang tersedia di tiktok shop. Bagaimana cara kerjanya mari simak penjelasan di bawah ;

1. Cara mendapatkan uang/komisi

Tiktok Shop akan mendapat komisi jika ada yang membeli produknya, namun berbeda dengan tiktok affiliate yang mendapatkan komisi dari pengguna yang membeli produk lewat link yang sudah di sediakan.

2. Cara kerja

TikTok Shop adalah salah satu fitur yang di sediakan oleh paltform tiktok dengan tujuan memberikan kesempatan bagi pengguna yang memiliki usaha agar bisa menjual produknya secara online.

Sedangkan tiktok affiliate salah satu fitur yang disediakan tiktok shop dengan tujuan memberi kesempatan para kreatornya untuk mendapatkan komisi dengan cara mempromosikan produk-produk yang tersedia. Seorang tiktok affiliate akan mendapat komisi jika berhasil menjual produk melalui link yang di sediakan khusus pada kreator.

3. Tiktok Affiliate tidak harus memiliki produk

Seorang Tiktok Affiliate hanya bertugas mempromosikan produk yang tersedia di tiktok shop, dalam artian seorang tiktok affiliate tidak harus memiliki produk. Berbeda dengan Tiktok shop anda di haruskan memiliki produk dan selalu punya stock produk.

Tips sukses sebagai Tiktok Affiliate

Mengenali produk - Anda harus lebih mengenal dan melakukan riset tentang produk yang akan anda promosikan. Lebih memahami fungsi dan keunggulan suatu produk akan menjadi nilai plus bagi audiens.

Membuat konten yang kreatif - Sebagai konten kreator sekaligus Tiktok Affiliate anda diharuskan selalu punya ide-ide unik dalam pemuatan konten. Menggunakan bahasa dan gaya yang sedang trend dan di gemari oleh audiens adalah kuncinya.

Sertakan link Afiliasi - Pada Video yang anda publikasikan jangan lupa untuk menyertakan link tautan yang menuju ke produk yang anda promosikan, agar audiens lebih mudah untuk menemukan produk.

Menggunakan hastag yang tepat - Agar video yang anda publikasikan mendapat penonton yang banyak anda harus memilih hastag yang sedang trend dan tepat.

Konsisten - Jika anda ingin sukses dalam program tiktok affiliate anda harus secara konsisten membuat video dan upload video setiap hari selama beberapa bulan, dan tidak lupa untuk membuat video dengan kualitas yang bagus.

Transparan - Anda juga bisa secara langsung memberi tahu audiens untuk membeli produknya melalui link affiliate yang sudah anda sediakan.

Mengikuti Trend - Selalu mengikuti trend yang sedang hangat, hal ini akan dapat membantu anda menaikkan rangking video dan semakin banyak mendapat penonton.

Untuk memaksimalkan potensi pendapatan dari Tiktok Affiliate marketing baiknya terus mengembangkan kreatifitas dan secara konsisten upload konten. Beradaptasi dan memahami alur dari platform ini anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Siapapun memiliki peluang untuk sukses di dunia pemasaran affiliate termasuk anda, jadi jangan jangan ragu untuk mendaftarkan diri, dan kembangkan kreatifitas anda.

Post a Comment for "Cara Menjadi Tiktok Affiliate Untuk Pemula"